Info Sekolah
Sabtu, 01 Okt 0625
  • “Menjadi Universitas Yang Unggul Dalam Pengembangan Sains dan Tekhnologi Yang Berbasis Pesantren Islam Moderat Berjiwa Mulia Tahun 2038 Di Asia Tenggara.”
  • “Menjadi Universitas Yang Unggul Dalam Pengembangan Sains dan Tekhnologi Yang Berbasis Pesantren Islam Moderat Berjiwa Mulia Tahun 2038 Di Asia Tenggara.”
25 September 2025

DKUPP dan UNHASA Dorong UMKM Perkuat Branding Lokal

Kam, 25 September 2025 Dibaca 82x AKADEMIK / Berita

Probolinggo. – Universitas Hafshawaty Zainul Hasan (UNHASA) Genggong bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo menggelar Sosialisasi dan Seminar Strategi UMKM berbasis Riset Pasar dan Konten Digital Kreatif, Kamis (25/9/2025).

Acara berlangsung di Ruang Jabung 3, Kantor Bupati Probolinggo, Jalan Panglima Sudirman No.134, Kraksaan.

Kegiatan ini dihadiri Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo, Taufik Alami, S.Sos., M.Si., serta Wakil Rektor I Bidang Akademik UNHASA, Iin Aini Isnawati. Peserta yang hadir merupakan para pelaku UMKM se-Kabupaten Probolinggo.

Seminar ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara UNHASA dengan DKUPP, sebagai langkah bersama dalam mendukung program pembinaan, pemberdayaan, dan pengembangan usaha mikro, perdagangan, serta perindustrian di Kabupaten Probolinggo.
Sebagai narasumber, hadir dosen Program Studi Bisnis Digital UNHASA, Sri Nurhasana, S.E., M.M. Dalam paparannya, ia menekankan pentingnya riset pasar yang akurat dan pengelolaan konten digital kreatif bagi pelaku UMKM. Menurutnya, dengan strategi yang tepat, UMKM lokal berpotensi naik kelas, meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, serta menciptakan brand unggul yang mampu bersaing di tingkat regional maupun nasional.

“Dengan riset pasar yang tepat, pelaku UMKM dapat lebih memahami kebutuhan konsumen dan tren yang berkembang. Ditambah dengan pengelolaan konten digital kreatif, UMKM di Kabupaten Probolinggo tidak hanya mampu meningkatkan penjualan, tetapi juga memperluas jangkauan pasar. Hal ini akan melahirkan brand lokal yang unggul dan berdaya saing tinggi, bahkan berpotensi menembus pasar nasional.” Ungkapnya.

Sementara Kepala DKUPP Kabupaten Taufik Alami mengatakan , Pembinaan dan penguatan kapasitas, khususnya dalam riset pasar dan digitalisasi, menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing UMKM agar mampu menghadapi tantangan zaman sekaligus membuka peluang pasar yang lebih luas.

“Melalui kerja sama dengan UNHASA ini, kami ingin memastikan bahwa UMKM di Kabupaten Probolinggo tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dan naik kelas “ tandasnya.(bhj)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Kantor

Telepon

Whatsaap 081331430343
Email info@unhasa.ac.id

Fakultas

Fakultas Ilmu Kesehatan
D3 Keperawatan
S1 Keperawatan
S1 Kebidanan
S1 Farmasi
Profesi Ners
Pendidikan Profesi Bidan

Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi
S1 Bisnis Digital
S1 Ilmu Keolahragaan